LAPORAN HASIL PRAKTIKUM
MENGHITUNG DENYUT NADI
Disusun Oleh :
Afifah Nur Az Zahro (VIII
G/01)
Guntur Faizal Majid (VIII
G/10)
Putri Kartika Nurindah Wulandari (VIII G/21)
Zulfa Fitriani Nur Alyza (VIII G/24)
PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP N 1
WONOSARI
JL.Kolonel
Sugiyono No.35B, Wonosari, Gunungkidul 55813
Telpon/Fax
: (0274)391039 Email : smpn1wno@yahoo.com
2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan petunjuk‐Nya
sehingga memberikan kemampuan dan kemudahan bagi kami dalam proses penyusunan laporan
hasil praktikum yang telah kami lakukan dalam mengidentifikasi jumlah denyut
nadi dalam beberapa detik. Laporan ini kami buat
dalam rangka menyelesaikan tugas Ilmu Pengetahuan Alam yang diberikan kepada
kami. Di dalam laporan ini terdapat informasi tentang jumlah denyut nadi
manusia dalam berbagai aktivitas. Selain itu, kami juga menyertakan gambar-gambar selama
dilakukannya proses praktikum.
Akhir kata, kami
menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami, laporan ini masih
jauh dari kata layak. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat
kami harapkan demi kesempurnaan laporan-laporan yang selanjutnya. Semoga
laporan ini membawa manfaat bagi kami sendiri khususnya, dan para pembaca pada
umumnya.
Wonosari, 26 Januari 2016
Tim Penyusun,
BAB I
PENDAHULUAN
A. Landasan
Teori
Jantung adalah
organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Komponen utama jantung teridiri dari atrium kanan, atrium kiri,
ventrikel kanan, ventrikel kiri, bikuspidalis dan trikuspidalis. Detak jantung
dipengaruhi oleh usia serta aktivitas seseorang. Dalam kondsi normal, jantung
manusia dewasa adalah sekitar 60 – 100 bpm (beats per minute). Olahraga atau aktivitas fisik dapat meningkatkan jumlah denyut
jantung, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan atau di luar batas sehat dapat
menimbulkan bahaya.
B. Judul
Menghitung Denyut Nadi
C. Waktu
Pelaksanaan
Selasa, 26 Januari 2016
D. Tujuan
Mengetahui,
memahami, dan dapat membedakan detak denyut nadi manusia
pada berbagai aktivitas.
E. Manfaat
Siswa
dapat mengetahui, memahami, dan membedakan detak denyut
nadi manusia pada berbagai aktivitas.
BAB
II
PELAKSANAAN PRAKTIKUM
a. Alat dan bahan :
§ Stopwatch
§
Alat tulis
b. Langkah kerja :
1. Gunakan
dua jari (selain ibu jari) untuk menemukan denyut nadi pada pergelangan tangan
temanmu.
2. Hitung
denyut nadi pada pergelangan tangan teman kamu selama 15 detik. Lakukan hingga
4 kali percobaan.
3. Catat
hasil penghitungan tiap selesai satu kali percobaan. Lakukan dengan cermat dan
teliti agar tidak terjadi kesalahan.
4. Mintalah
temanmu untuk berlari-lari kecil selama satu menit.
5. Ulangi
langkah kegiatan 1 – 3 kembali.
c.
Data
hasil percobaan :
Aktivitas
|
Nama
|
Jumlah
Detak Denyut Nadi
|
|||
(1) 15 detik
|
(2)
15 detik
|
(3)
15 detik
|
(4)
15 detik
|
||
Santai
|
Afifah
54 kali/menit
|
16
|
12
|
13
|
13
|
Guntur
73 kali/menit
|
22
|
20
|
13
|
18
|
|
Putri
58 kali/menit
|
21
|
10
|
12
|
15
|
|
Zulfa
77 kali/menit
|
19
|
23
|
17
|
18
|
|
Lari
|
Afifah
103 kali/menit
|
27
|
30
|
23
|
23
|
Guntur
58 kali/menit
|
17
|
13
|
15
|
13
|
|
Putri
95 kali/menit
|
24
|
16
|
31
|
24
|
|
Zulfa
104 kali/menit
|
25
|
19
|
40
|
20
|
BAB III
PENUTUP
A. Pembahasan
Berdasarkan data percobaan kelompok kami,
terdapat perbedaan denyut nadi. Denyut nadi pada saat santai dengan saat
beraktivitas berbeda. Pada saat orang sedang beraktivitas, denyut nadi lebih
cepat dibandingkan saat santai. Hal ini dikarenakan bagian-bagian tubuh
memerlukan oksigen saat pembakaran energi (berakivitas), sehingga jantung
memompa darah lebih banyak untuk mencukupi oksigen. Namun, denyut nadi pada
setiap orang berbeda, tergantung pada keadaan tubuhnya.
B. Kesimpulan
Banyak sedikitnya denyut nadi tiap menitnya
tergantung dari kegiatan yang sedang dilakukan. Semakin ringan kegiatan yang
dilakukan, maka semakin sedikit denyut nadi yang terjadi. Sedangkan saat
aktifitas yang dilakukan semakin berat, maka denyut nadi yang terjadi juga
semakin banyak. Selain itu jenis kelamin, usia, dan berat badan juga turut mempengaruhi.
C. Daftar
Pustaka
Zubaidah, Siti, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta :
Kemendikbud
LAMPIRAN
a.
Ala t dan bahan
b.
Proses Praktikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar